MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu perubahan lingkungan yang mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (TI). Pada era globalisasi seperti saat ini, peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangatlah penting. Salah satu bentuk produk TIK adalah internet yang berkembang pesat di penghujung abad 20 dan diambang abad 21. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan terhubung dengan sangat mudah dan cepat tanpa mengenal batas-batas kewilayahan atau kebangsaan.
Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan saat ini belum maksimal. Hal ini merupakan tantangan besar bagi institusi pendidikan dalam negeri untuk berbenah diri.
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran akan memudahkan siswa dalam menemukan ide, pengetahuan baru dan pengalaman dalam berbagai hal dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran adalah berkembangnya sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri. Kemampuan ini akan berdampak bagi siswa untuk dapat memutuskan serta mempertimbangkan sendiri kapan dan di mana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu media yang efektif untuk membelajarkan siswa. Pemerintah melalui Kemendiknas menghimbau institusi pendidikan agar dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang menggunakan TIK sehingga siswa dapat terbiasa menggunakan perangkat TIK secara tepat dan optimal untuk memproses informasi dalam proses pembelajaran.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan
proses pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka
antara guru dengan siswa baik di kelas maupun di luar kelas. Dengan keadaan seperti sekarang ini diharapkan bahwa semua pihak yakni para guru dan siswa dapat memanfaatkan TIK sebaik mungkin dalam bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan TIK memiliki banyak manfaat positif dalam upaya menunjang perkembangan pendidikan di Indonesia agar semakin maju dan berprestasi.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat diketahui bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, untuk itu penulis tertarik untuk menyusun makalah dengan judul: “MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apakah yang dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
2. Apa saja fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
3. Apakah yang dimaksud dengan media pembelajaran?
4. Apa manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan dari penyusunan makalah ini adalah:
1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
2. Utuk mengetahui manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
3. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan media pembelajaran.
4. Untuk mengetahui manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran.
D. Metode
Dalam melakukan pengamatan ini, maka peneliti menggunakan metode telaah pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar