Senin, 24 April 2017

Peranan TIK dalam Bidang Bisnis


Peranan TIK dalam Bidang Bisnis

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Secara tanpa disadari, sebagian aktivitas yang dilakukan oleh manusia telah didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) baik secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah cara hidup, cara belajar, cara bekerja, dan cara bermain kita. Beberapa penerapan dari TIK antara lain dalam bidang bisnis, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Penerapan TIK dalam bidang bisnis misalnya, TIK telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik di bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussines, e-commerse, e-banking, dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan tiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan TIK menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP).

Keuntungan penggunaan ERP

mengapa kita perlu ERP ; karena banyak berbagai keuntungan semisal di bawah ini;

*        Integrasi data keuangan

Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik

*        Standarisasi Proses Operasi

Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk

*        Standarisasi Data dan Informasi

Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda

Keuntungan yg bisa diukur

Ø  Penurunan inventori

Ø  Penurunan tenaga kerja secara total

Ø  Peningkatan service level

Ø  Peningkatan kontrol keuangan

Ø  Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi

Dalam bidang industry atau Bisnis, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).

Pada tahap produksi, digunakan robot yang d¬kendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.

Peranan T1K dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis dan perbankan.

Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan. Adapun dari sisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader, yaitu  alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan basil transaksi setiap saat untuk mengetahui jenis barang, sisa stok, barang-barang yang harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi. Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi manajemen.

Dalam dunia perbankan, selain untuk menjalankan kegiatan-kegiatan rutin kantor, sistem komputer dapat membantu pelayanan terhadap para nasabah dengan baik. Dewasa ini, hampir setiap bank memiliki sistem on-line yang memungkinkan antara satu  cabang bank dengan cabang lainnya dapat saling berhubungan sehingga dapat membantu para nasabah melakukan transaksi. Misalnya, meskipun rekeningmu tercatat pada bank A di kota Jakarta, kamu tetap dapat melakukan transaksi, seperti menabung, mengambil uang, dan  transfer pada bank A di kota Yogyakarta.  Sistem on-line juga memungkinkanmu untuk melakukan pengiriman uang dari bank A ke bank B (antarbank yang berbeda). Selain itu, pihak bank juga menyediakan fasilitas-fasilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi berupa Kartu Kredit (Credit Card), Kartu Debit (Debit Card), serta Kartu ATM (Automated Teller Machine) atau Anjungan Tunai Mandiri yang memberikan kemuclahan para nasabah untuk melakukan hampir semua transaksi dalam berbelanja. Teknologi handphone juga sudah menyediakan layanan e-banking yang memungkinkan transaksi lewat handphone.

Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasiyang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan.Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaankepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain :

a. Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi
b. Menghemat biaya, karena transportasi menuju ke bank dapat dihilangkan.
c. Lebih cepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.

SMS  Banking Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short MessageService ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

E-commerce Perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukandengan memanfaatkan internet.Keuntungan perdagangan elektronik antara lain :

1.       Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengaksesinternet tidak dibatasi tempat dan waktu.
2.       Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi.
3.       Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
4.       Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah.

Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :
a. Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang.
b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan
c. Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet.
d. Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak adae. Harga barang lebih murah.

Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :
a.    Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang.
b.    Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan
c.    Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet.
d.   Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak ada
e.    Harga barang lebih murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar